Pernah mendengar kata “buku warung”?

kira – kira apa yang ada di benak anda? Yapz, sebuah buku yang sering ada diwarung yang berisi catatan keuangan warung. Tahu gak rata – rata isi dari buku warung merupakan catatan hutang dari para costumer warung, baik itu yang mau bayar tapi gak ada kembaliannya, maupun yang memang sengaja untuk hutang dan di bayarkan akumulasi di akhir bulan setelah gajian. Ternyata buku warung ini adalah sebuah sistem catatan keuangan unik yang hanya ada di Indonesia.

Sebuah perusahaan startup baru asal indonesia berhasil menciptakan sebuah aplikasi buku warung. Aplikasi tersebut dibuat berdasarkan misi sosial untuk membantu warung – warung kecil yang kadang suka lupa mencatat, baik itu karena  malas mencari pulpen, bukunya lupa menaruh, hingga lupa untuk menagih. Berdasarkan riset yang dilakukan tim bukuwarung.com dikemukakan bahwa ada beberapa warung yang memiliki potensi lost anggaran alias kehilangan keuntungan karena lupa mencatat maupun menagih. Bahkan menurut mereka, tim bukuwarung.com pernah menemui ada satu warung yang ternyata lupa menagih hutang dari beberapa para costumernya lantaran lupa catatannya disimpan dimana yang kalau ditotal nilainya lebih dari 20 jutaan. Sebuah angka yang fantastis untuk kelas warung kelontongan dipinggir jalan.

Melalui Aplikasi ini, tim bukuwarung.com berharap warung – warung kecil diIndonesia dapat menyelamatkan laba mereka sehingga dapat berkembang dan semakin maju warungnya. Sebagai testing project tim bukuwarung.com bekerjasama dengan Kampung Teknologi Foundation (KTF), Rumah Kreatif Belimbing (RKB), beserta ICSB (International of Council For Small bussiness)

menyelenggarakan sebuah acara pilot project, dimana para pesertanya mencoba mendownload dan memasang aplikasi buku warung untuk pertamakalinya. Acara tersebut berlokasi di sebuah café bernama Excellenta Café & resto Depok, Ruko Saladin Square seberang ITC Depok. Acara di laksanakan pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019 dengan peserta terbatas.

Setelah mencoba pertamakali, aplikasi ini ternyata mudah diaplikasikan dan penggunaannya pun sederhana, walau ada beberapa bug yang masih dapat diatasi dan diperbaiki dengan cepat oleh tim bukuwarung.com. Aplikasi ini tergolong asik, karena mampu mengingatkan costumer yang memiliki hutang dengan kita tanpa kita merasa risih untuk menagihnya. Layaknya seperti tagihan Bank, Leasing, Finance, dan beberapa aplikasi fintech yang memberi reminder ke sipeminjam jika pinjamannya sudah dekat atau terlewat batas tempo. Penasaran untuk mencobanya? Aplikasi ini belum rilis di playstore, tapi kamu bisa mencobanya dengan mendownload aplikasi tersebut di official websitenya https://bukuwarung.com. Selamat mencoba semoga piutang kita semua lancar terbantu oleh aplikasi tersebut. Mari terus kita dukung aplikasi karya anak bangsa.