Herbal Series – Jahe dan sekelumit manfaat didalamnya

Jahe atau (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskertasingaberi.

Jenis jahe, dari sekian banyak jahe yang dipasaran, ada 3 (tiga) jenis jahe yang perlu diketahui, diantaranya :

  1. Jahe Putih yang biasa disebut jahe gajah, jahe badak atau jahe kombongan, terlihat dari bentuknya, jahe ini dominan dengan ukurannya yang besar dan sering dimanfaatkan untuk bahan masakan.
  2. Jahe Putih Kecil yang biasa disebut jahe suntil atau jahe emprit, aroma dari jahe ini agak tajam dan juga pedas, seringkali dimanfaatkan untuk campuran minuman herbal untuk menambahkan rasa pedas.
  3. Jahe Merah ini yang biasa dikenal orang atau penjual jamu karena karakteristik dari jahe ini yang berwarna merah mudah hingga merah, rimpang yang satu ini jadi salah satu primadona, karena menjadi bahan utama untuk beberapa herbal dan juga minuman jamu.

setelah melihat karakteristik dari jahe, berikut adalah manfaat yang dirasakan apabila mengkonsumsi jahe, yaitu :

  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Mengurangi mual
  • Mengurangi rasa sakit
  • Membantu detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit
  • Melindungi dari kanker
  • Sebagai anti pendarahan

Secara umum manfaat jahe untuk melegakan tenggorokan, meredakan masuk angin serta mangaktifkan peredaran darah, beberapa lain diantaranya dicampurkan dengan rempah lain dapat meredakan influenza dan juga batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *