Serunya diskusi daring bareng pengusaha JAMU dan BALITTRO

Tuntas sudah pre-edukasi yang diselenggarakan oleh tim Rumah Kreatif Belimbing untuk pengusaha Jamu, sampai nanti tahap berikutnya para pengusaha jamu melalui kelompok Pasar Herbal Depok.

setelah diskusi online (daring) ini, diharapkan para pengusaha Jamu yang tergabung dalam PHD (Pasar Herbal Depok) mendapat pengetahuan dasar perihal :

  • pemilihan bahan-baku
  • proses perajangan
  • proses pengeringan
  • hingga proses pemasakan

sehingga hasil yang didapatkan maksimal dari pembuatan jamu tersebut.

BALITTRO (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) Kementrian Pertanian melalui Ir. Bagem Br Sembiring selaku peneliti memaparkan, bahwa ada 3 (tiga) tahapan obat tradisional khususnya di Indonesia, yakni :

  • Jamu, yang teruji empiris dan uji qualitas
  • Obat Herbal Terstandar, melalui uji praktik klinik dan standarisasi bahan baku, serta uji kualitas
  • Fitofarmaka, untuk pelayanan kesehatan, melalui uji klinik, standarisasi bahan baku dan produk akhir serta uji kualitas

tiga tahapan diatas menjadi salah satu informasi berharga apabila pelaku usaha di industri jamu berkembang, beliau juga membagikan pemaparannya dan dapat diunduh melalui link disini.

Beliau juga menyampaikan, bahwa untuk minuman jamu yang siap minum sebaiknya didiamkan terlebih dahulu sehingga endapan sisa pengolahan bisa terpisah, dikarenakan efek jangka panjang dari pengendapan tidak berefek pada sistem pencernaan, selain dari endapan yang tidak memiliki manfaat, namun untuk sisa pemrosesan bahan-baku (ampas) bisa dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak, sehingga ternak juga lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

One thought on “Serunya diskusi daring bareng pengusaha JAMU dan BALITTRO

  1. sangant bagus menambah pengetahuan untuk meningkatkan mutu standar jamu klasik yg makin di di cintai dan di gemari di masa pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *